Minggu, 09 November 2014

Pengertian Pasar dan Jenis - Jenis Pasar

Pengertian Pasar dan Jenis - Jenis Pasar


Pengertian pasar

Pada dasarnya pasar merupakan tempat barang atau jasa yang di perjual belikan melalui produsen dan konsumen yang saling berinteraksi untuk mendapatkan kesepakatan harga yang diinginkan. Nah kalau pengertian pasar secara luas dalam Ilmu Ekonomi adalah besarnya permintaan dan penawaran pada suatu jenis barang atau jasa tertentu yang terjadi dalam perekonomian.

Jenis pasar menurut fungsi

Pasar Kongkret merupakan tempat dimana para pembeli dan penjual barang berkumpul dan bertemu untuk mencapai kesepakatan tentang harga dan barang secara langsung. Contohnya ada pasar tradisional dan swalayan.
Lalu ciri - cirinya :
1. Wujudnya nyata
2. Pelaku ekonomi yang terlibat dipasar kongkret dapat dilihat secara langsung
3. Barangnya nyata

Manfaat pasar kongkret bagi kegiatan ekonomi :
 1. Pembeli mendapatkan barang yang dibutuhkan secara mudah
 2. Penjual dapat menawarkan dagangannya secara bebas
 3. Distributor akan mendapatkan kemudahan dalam mendistibusikan barang dari konsumen ke produsen.
 4. Bagi pemerintah, pasar kongkret dapat menambah kas pemerintah melalui pajak & restribusi.

Pasar Abstrak merupakan pasar dimana proses interaksi antara pembeli dan penjual untuk mencapai kesepakatan tantang harga dan barang secara tidak langsung.
Jenisnya :
1. Pasar Modal/Bursa Efek adalah pasar tempat bertemunya permintaan dan penawaran dana -dana jangka panjang dalam bentuk pembelian dan penjualan surat - surat berharga. Contohnya : Saham & Obligasi.

2.Pasar Valuta Asing adalah tempat permintaan dan penawaran terhadapat mata uang asing. Manfaatnya mempermudah penukaran valuta asing serta pemindahan dana dari suatu negara ke negara lainnya dan memperlancar terjadinya kegiatan ekspor & impor.

3. Pasar/Bursa Tenaga Kerja adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran dari perusahaan yang datang dari tenaga kerja itu sendiri. Manfaatnya menyediakan informasi mengenai lowongan kerja, baik didalam maupun diluar negeri dan membantu pemerintah dalam mengatasi masalah penganguran.

Jenis pasar menurut waktunya

  1. Pasar harian adalah adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung setiap hari dan sebagian barang yang diperjualbelikan adalah barang kebutuhan sehari-hari.
  2. Pasar mingguan adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung seminggu sekali. Biasanya terdapat di daerah yang belum padat penduduk dan lokasi pemukimannya masih berjauhan.
  3. Pasar bulanan adalah  pasar yang aktivitasnya berlangsung sebulan sekali. Biasanya barang yang diperjualbelikan barang yang akan dijual kembali (agen/grosir).
  4. Pasar tahunan adalah pasar yang aktivitasnya berlangsung setahun sekali, misalnya PRJ (Pasar Raya Jakarta).






Jenis pasar menurut barang yang diperjualbelikan
  1. Pasa barang konsumsi adalah pasar yang memperjualbelikan barang-barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan manusia.
  2. Pasar sumber daya produksi adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi, seperti tenaga kerja, tenaga ahli, mesin-mesin, dan tanah.
Jenis pasar menurut luas kegiatannya
  1. Pasar setempat adalah pasar yang penjual dan pembelinya hanya penduduk setempat.
  2. Pasar daerah atau pasar lokal adalah pasar di setiap daerah yang memperjualbelikan barang-barang yang diperlukan penduduk derah tersebut. Contohnya Pasar Gede di Solo.
  3. Pasar nasional adalah pasar yang melakukan transaksi jual beli barang mencakup satu negara contohnya pasar senen.
  4. Pasar internasional adalah pasar yang melakukan transaksi jual beli barang-barang keperluan masyarakat internasional. Contohnya pasar kopi di Santos (Brasil).
Jenis pasar menurut bentuknya 
  1. Pasar  persaingan sempurna (terorganisir)
  2. Pasar pesasingan tidak sempurna
  3. Jenis - jenis pasar menurut sifat pembentukan harga
  4. Pasar persaingan adalah pasar yang pembentukan harga ditentukan oleh persaingan antara permintaan dan penawaran.
  5. Pasar monopoli adalah pasar yang penjual suatu barang di pasar hanya satu orang. Contohnya PT Kereta Api Indonesia.
  6. Pasar duopoli adalah pasar yang penjualnya hanya dua orang dan menguasai penawaran suatu barang dan mengendalikan harga barang.
  7. Pasar oligopoli adalah pasar yang di dalamnya terdapat beberapa penjual dengan dipimpin oleh salah satu dari penjual tersebut mengendalikan tingkat harga barang. Contohnya perusahaan otomotif Astra Indonesia.
  8. Pasar monopsoni adalah pasar yang pembentukan harga barangnya dikendalikan oleh satu orang atau sekelompok pembeli.
  9. Pasar duopsoni adalah pasar pembentukan harga barangnya dikendalikan oleh dua orang atau dua kelompok pembeli.
  10. Pasar oligopsoni adalah pasar yang pembentukan harga barangnya dikendalikan oleh beberapa orang atau beberapa kelompok pembeli.
sumber : Rangkuman sendiri & www.pengertianahli.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar